Kamis, 23 Februari 2017 By: Himabio UNY

TRAINING AWAL ORGANISASI PENGURUS HIMABIO 2017




Pada tanggal 17-19 Februari 2017, HIMABIO FMIPA UNY melaksanakan kegiatan Training Awal Organisasi (TAO). TAO ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh HIMABIO FMIPA UNY dengan tujuan untuk melatih pengurus-pengurus baru HIMABIO agar siap mengemban amanah satu tahun kepengurusan.
TAO tahun ini dilaksanakan di dusun Kabregan, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Pemberian materi oleh beberapa pembicara dengan tujuan untuk memberi motivasi dan memberikan  gambaran tentang apa saja yang akan dihadapi dalam satu tahun kepengurusan.
Kegiatan outbound dilaksanakan pada Sabtu pagi yang diikuti oleh seluruh pengurus dengan antusias dan penuh semangat. Kegiatan outbound dibagi ke dalam beberapa pos. Pos pertama diisi dengan permainan lempar tangkap cincin, cincin yang terbuat dari selang dengan diameter kurang lebih 30cm harus dimasukkan ke dalam tongkat bambu dengan cara melemparkan cincin tersebut. Dari permainan tersebut dapat diambil pesan moralnya bahwa untuk dapat mencapai suatu tujuan harus dilakukan dengan bersama-sama, kemudian percaya terhadap kemampuan teman satu kepengurusan.
Menuju pos berikutnya masih harus dilanjutkan dengan sedikit lelah dikarena medan yang dilewati cukup menanjak. Sesampainya di pos berikutnya, setiap kloter harus siap untuk basah-basahan. Di pos tersebut diberi tugas untuk memindahkan air ke dalam botol menggunakan kantong plastik. Bidang yang paling banyak mengumpulkan air dalam botol adalah pemenangnya. Salah satu MPO yaitu Mbak Wulan menyampaikan pesan apa yang bisa didapatkan dari permainan ini. Dalam berorganisasi, kerjasama adalah hal yang paling utama. Tanpa kerjasama, organisasi apapun tidak dapat dijalankan dengan baik untuk mencapai tujuannya.
Perjalanan dilanjutkan menuju pos selanjutnya. Di pos tersebut salah satu anggota dari setiap bidang bertugas sebagai peraga, anggota yang lain bertigas sebagai penebak. Terdapat sebuah kalimat yang harus ditebak dalam setiap rondenya.
Pos berikutnya berada di dalam hutan. Pada pos tersebut setiap anggota diharuskan melewati lubang pada jaring yang dibuat dari tali rafia, tetapi satu anggota dengan anggota lainnya tidak diperbolehkan melewati lubang yang sama pada jaring tersebut. Berbagai cara dilakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Dengan menggendong anggota, mengangkat kakinya, berguling di bawahnya, hingga memanjat pohon.
Setelah melewati beberapa pos, sampailah pada pos terakhir. Pada pos tersebut, kami diberikan semacam permainan yaitu memecahkan balon. Setiap bidang baris berbanjar kebelakang. Masing-masing bidang harus berusaha untuk memecahkan balon yang ada di kaki salah satu anggota bidang yang berada di bagian paling belakang dari barisan.
 Serangkaian acara yang dilaksanakan terbukti mampu meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan antar pengurus HIMABIO.  Malam terakhir diisi dengan Pentas Seni dimana seluruh pengurus wajib menampilkan drama dengan berbagai macam tema menambah kemeriahan acara malam itu. Sebelum pulang ada satu permainan yang dilaksanakan oleh seluruh pengurus HIMABIO, yaitu candle guide. Semua pengurus harus bisa bersama-sama menuju titik finish dengan keadaan lilin yang dibawa masih menyala. Dalam perjalanan menuju titik finish nanti tentu ada gangguan-gangguan. Seperti jalannya kepengurusan nanti, lilin tadi diibaratkan sebagai api semangat yang harus dijaga dari awal hingga akhir. Dalam pelaksanaannya nanti pasti menemui kendala dan masalah. Oleh sebab itu, semua pengurus harus menjaga api semangatnya agar selalu berkobar dari awal kepengurusan hingga akhir nanti. Kegiatan TAO diakhiri dengan pelantikan pengurus baru yang dihadiri juga oleh beberapa MPO. Semoga kegiatan TAO ini menjadi awal yang baik untuk HIMABIO kedepannya.
Salam Lestari! Salam Konservasi!